Rabu, 15 Juli 2015

Home (Al Quran Petunjuk Hidup Orang-Orang Beriman)

  1. Alif Lam Mim. 
  2. Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, 
  3. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka,
  4. Dan mereka yang beriman kepada( Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu(Muhammad) dan (Kitab-kitab) yang diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin adanya akhirat.
  5. Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.(qs. Al baqarah 1-5).
Pembaca budiman, Alhamdulillah saat ini kita dalam naungan islam, menikmati keindahan yang tiada bandingnya. Semua ini karena kemurahan dan kasih sayang Allah. 

Al Qur'an merupakan berkah yang tiada ternilai harganya bagi umat Islam. Dia merupakan petunjuk jalan. Semua manusia membutuhkan petunjuk jalan supaya tidak tersesat dari tujuan akhir yang didambanya. Sebab  sudah pasti manusia akan menemui tujuan akhir yakni Kematian. Waktu yang dipergunakan semasa hidup akan dipertanggung jawabkan. Nikmat yang tak terhitung banyaknya itu sudahkah disyukurinya. Ujian yang diberikan-Nya sudahkah disikapi dengan kesabaran.


Kematian itu pasti, akan datang kapan saja. Entah sakit ataupun sehat, tua atau muda. Kita tidak tahu. Sudah barang tentu umat Islam harus memastikan dirinya tidak jauh jauh dari petunjuk hidupnya yakni Al Qur'anul Karim. Agar tidak melenceng dari tujuan akhirnya. Membacanya setiap hari adalah keutamaan. Dan Al Qur'an akan memberikan keuntungan bagi yang setia membacanya. Karena Al Qur'an adalah obat semua penyakit bagi orang orang yang beriman. Al Qur'an adalah semangat hidup bagi orang-orang yang beriman. Al Qur'an lah yang akan membela kita pada hari kiamat kelak. Seperti dalam Hadist Nabi berikut ini :

Abu Umamah Al-Bahili berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Bacalah Al-Quran karena sesungguhnya pada hari kiamat ia datang memberi syafa'at kepada orang yang membacanya. Bacalah Az-Zaharawain iaitu Surah Al-Baqarah dan Ali-Imran karena pada hari kiamat kedua-duanya akan datang bagaikan awan atau bayang-bayang, atau kedua-duanya seakan dua kumpulan burung yang berhujjah mempertahankan tuannya. Dan bacalah olehmu akan surah Al-Baqarah kerana sesungguhnya mengambilnya adalah keberkatan, meninggalkannya adalah kerugian, dan sihir tidak akan mampu menghadapinya." (HR. Muslim, M.S no: 1337).

Mengabaikan Al Qur'an , tidak berusaha membacanya secara berkala akan membuat kita jauh dari petunjuk. Kita tentu khawatir, apabila petunjuk Allah menjauhi kita. Firman Allah QS. AS-Syams 8-10 bisa menjadi nasehat untuk melakukan suatu usaha-usaha yang membuat kita beruntung mendapatkan petunjuk Allah :


"maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya." (Qs. As Syams 8-10)

Oleh karena itu jangan ragu untuk membacanya setiap hari, menyucikan jiwa kita dengan bacaan Al Qur'an. jadikan Al Qur'an suatu kebanggaan bagi diri dan anak anak kita. Mudah-mudahan Allah melindungi dan memberikan petunjuk keselamatan kepada kita karena amalan kita membaca Al Qur'an. Yakni Keselamatan menuju syurga-Nya. amiiin.

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku (Al-Qur’an), Maka Sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”. Berkatalah ia: “Ya Tuhanku, Mengapa Engkau menghimpunkan Aku dalam keadaan buta, padahal Aku dahulunya adalah seorang yang melihat?” Allah berfirman: “Demikianlah, Telah datang kepadamu ayat-ayat kami, Maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari Ini kamupun dilupakan” (Surah Thahaa 124-126).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar